Microsoft Word (MS Word) adalah program untuk mengolah kata. Program ini umumya digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, dan skripsi.
hal-hal terbaru yang ditawarkan MS Word
2007 :
1.1 Interface
Pada interface atau wajah MS Word
terjadi perubahan yang signifikan menggantikan tampilan menu, toolbar dan
sebagian besar task panes yang ada di versi-versi sebelumnya dengan tampilan
lebih sederhana dan efisien.
1.2 Format Dokumen Profesional
Format-format dokumen professional seperti:
·
Style, yang berkaitan dengan sisi
kosmetis pengetikan.
·
Table, tersedianya berbagai bentuk
tampilan tabel yang memungkinkan tanpa harus mendesain tabel dari awal.
·
List Format dan Efek Grafis
tersedia dengan berbagai variaasi yang akan mempercepat pembuatan dokumen dan memperindah
dokumen.
1.3 Keamanan dalam Sharing Dokumen
Fasilitas terbaru yang dimiliki Word 2007 dalam hal keamanan sharing
dokumen antara lain:
·
Memiliki kemampuan yang cepat
dalam membandingkan dua versi dokumen.
·
Tersedianya proteksi dokumen
menggunakan tanda tangan digital.
·
Kemampuan mendeteksi dokumen
yang berisi makro.
·
Konversi dokumen ke format PDF
atau XPS.
1.4 Format File
Fasilitas format file yang terbaru yaitu berbasis XML, keuntungannya
ukuran file lebih kecil, tersusun atas modul-modul tertentu yang dibuat
sedemikian rupa sehingga apabila ada bagian file yang rusak, tidak akan merusak
bagian lainnya dari file tersebut secara langsung.
2. OFFICE BUTTON
Office Button
berada di sudut kiri atas jendela aplikasi. Pada Office Button berisi fungsi
perintah antara lain New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send,
Publish, dan Close.
2.1 NEW (Membuat Dokumen Baru)
Untuk membuat dokumen baru klik pada Office Button kemudian New
(Ctrl+N).
Terdapat 2 macam pilihan pada Blank and recent, yaitu:
·
Blank document
Untuk membuat dokumen kosong baru dengan format dan
desain standar.
Penggunaan:
Office Button > New > Blank Document > Create
·
New blog post
Untuk membuat artikel blog baru yang dapat
dipublikasikan melalui internet sehingga menjadi sebuah halaman web.
Penggunaan:
Office Button > New > New Blog Post > Create
2.2 OPEN (Membuka Dokumen)
Untuk membuka dokumen yang tersimpan di komputer klik pada Office Button kemudian Open (Ctrl+O).
2.3 SAVE (Menyimpan Dokumen)
Untuk menyimpan dokumen aktif yang sedang dibuka pada jendela
Microsoft Word klik pada Office Button
kemudian Save (Ctrl+S).
2.4 SAVE AS (Save dengan Nama,
Lokasi dan Format File Lain)
Untuk menyimpan dokumen dengan nama lain, format file lain dan
lokasi penyimpanan lain. Biasanya untuk membuat backup dokumen. Klik menu Office Button > Save As
>…………… atau Save As (F12).
Terdapat 5 pilihan format file antara lain:
·
Word Document
·
Word Template
·
Word 97-2003
·
Find Add-ins for other file
formats
·
Other Formats
2.5 PRINT (Mencetak dokumen)
Untuk mencetak dokumen aktif klik pada Office Button kemudian Print (Ctrl+P).
Fungsi-fungsi fitur:
·
Print (Ctrl+P): untuk mencetak dengan mengatur setting.
·
Quick Print: untuk mencetak dokumen
secara cepat tanpa mengatur setting percetakan(secara default).
·
Print Peview: untuk melihat terlebih
dahulu hasil percetakan dokumen sebelum dicetak melalui printer.
2.6 PREPARE (Menyempurnakan
Dokumen)
Untuk menyiapkan dokumen aktif agar siap didistribusikan filenya
klik pada Office Button kemudian Prepare.
Fungsi-fungsi fitur tambahan:
·
Properties: untuk memeriksa dan
menambahkan properti atau keterangan singkat mengenai dokumen aktif.
·
Inspect Document: untuk memeriksa
bagian-bagian dokumen yang akan didistribusikan.
·
Encrypt Document: untuk menambah
pengaman pada dokumen berupa pemberian password.
·
Restict Document: untuk mengatur hak
pemakaian file dokumen yang aktif, agar dapat diberi pengamanan saat
didistribusikan via internet.
·
Add a Digital Signature: untuk
menambahkan tanda tangan digital pada dokumen aktif.
·
Mark as Final: untuk menandai bahwa
dokumen telah selesai. Dokumen hanya dapat dibaca dan tidak dapat diedit lagi.
·
Run Compatibility Checker: untuk
memeriksa kemungkinan dukungan MS Word versi lama, agar dokumen dapat dibuka
melalui MS Word versi lama.
2.7 SEND (Mengirimkan Dokumen)
Untuk mengirim dokumen ke orang lain menggunakan media internet.
Terdapat 2 fitur antara lain E-mail
(via E-mail), dan Internet Fax (via
Internet Fax).
2.8 PUBLISH (Mempublikasikan
Dokumen)
Untuk mempublikasikan file atau materi dokumen ke lokasi lain.
Terdapat 3 pilihan fitur antara lain Blog
(memposting artikel baru pada web blog), Document
Management Server (mempublikasikan dokumen ke alamat server pengelola
dokumen di dalam jaringan computer), dan Create
Document Workspace (memuat dokumen baru yang hanya dapat diakses oleh
beberapa user sekaligus).
2.9 CLOSE (Menutup Dokumen)
Untuk menutup dokumen aktif tanpa keluar dari aplikasi Microsoft
Word.
2.10 WORD OPTIONS
Untuk mengatur ulang kinerja Microsoft Word. Secara default,
pengaturan awal sudah cukup memadai.
2.11 EXIT WORD
Untuk menutup dokumen aktif, sekaligus menutup jendela aplikasi
Microsoft Word. Tindakan Exit biasanya
dilakukan dengan menekan tombol Close (X)
pada sudut kanan atas jendela Microsoft Word.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar