Kamis, 08 Desember 2016

MENGENAL MICROSOFT WORD 2007



Microsoft Word (MS Word) adalah program untuk mengolah kata. Program ini umumya digunakan untuk menulis dokumen misalnya karya tulis, dan skripsi.
hal-hal terbaru yang ditawarkan MS Word 2007 :

1.1 Interface


Pada interface atau wajah MS Word terjadi perubahan yang signifikan menggantikan tampilan menu, toolbar dan sebagian besar task panes yang ada di versi-versi sebelumnya dengan tampilan lebih sederhana dan efisien.




1.2 Format Dokumen Profesional

            Format-format dokumen professional seperti:
·      Style, yang berkaitan dengan sisi kosmetis pengetikan.
·      Table, tersedianya berbagai bentuk tampilan tabel yang memungkinkan tanpa harus mendesain tabel dari awal.
·      List Format dan Efek Grafis tersedia dengan berbagai variaasi yang akan mempercepat pembuatan dokumen dan memperindah dokumen.

1.3 Keamanan dalam Sharing Dokumen

Fasilitas terbaru yang dimiliki Word 2007 dalam hal keamanan sharing dokumen antara lain:
·      Memiliki kemampuan yang cepat dalam membandingkan dua versi dokumen.
·      Tersedianya proteksi dokumen menggunakan tanda tangan digital.
·      Kemampuan mendeteksi dokumen yang berisi makro.
·      Konversi dokumen ke format PDF atau XPS.

1.4 Format File

Fasilitas format file yang terbaru yaitu berbasis XML, keuntungannya ukuran file lebih kecil, tersusun atas modul-modul tertentu yang dibuat sedemikian rupa sehingga apabila ada bagian file yang rusak, tidak akan merusak bagian lainnya dari file tersebut secara langsung.

2. OFFICE BUTTON


Office Button berada di sudut kiri atas jendela aplikasi. Pada Office Button berisi fungsi perintah antara lain New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close.




2.1 NEW (Membuat Dokumen Baru)

Untuk membuat dokumen baru klik pada Office Button kemudian New (Ctrl+N).



Terdapat 2 macam pilihan pada Blank and recent, yaitu:
·      Blank document
Untuk membuat dokumen kosong baru dengan format dan desain standar.
Penggunaan:
Office Button > New > Blank Document > Create
·      New blog post
Untuk membuat artikel blog baru yang dapat dipublikasikan melalui internet sehingga menjadi sebuah halaman web.
Penggunaan:
Office Button > New > New Blog Post > Create

2.2 OPEN (Membuka Dokumen)

Untuk membuka dokumen yang tersimpan di komputer klik pada Office Button kemudian Open (Ctrl+O).

2.3 SAVE (Menyimpan Dokumen)

Untuk menyimpan dokumen aktif yang sedang dibuka pada jendela Microsoft Word klik pada Office Button kemudian Save (Ctrl+S).

2.4 SAVE AS (Save dengan Nama, Lokasi dan Format File Lain)

Untuk menyimpan dokumen dengan nama lain, format file lain dan lokasi penyimpanan lain. Biasanya untuk membuat backup dokumen. Klik menu Office Button > Save As >…………… atau Save As (F12).
Terdapat 5 pilihan format file antara lain:
·         Word Document
·         Word Template
·         Word 97-2003
·         Find Add-ins for other file formats
·         Other Formats

2.5 PRINT (Mencetak dokumen)

Untuk mencetak dokumen aktif klik pada Office Button kemudian Print (Ctrl+P).
Fungsi-fungsi fitur:
·      Print (Ctrl+P): untuk mencetak dengan mengatur setting.
·      Quick Print: untuk mencetak dokumen secara cepat tanpa mengatur setting percetakan(secara default).
·      Print Peview: untuk melihat terlebih dahulu hasil percetakan dokumen sebelum dicetak melalui printer.

2.6 PREPARE (Menyempurnakan Dokumen)

Untuk menyiapkan dokumen aktif agar siap didistribusikan filenya klik pada Office Button kemudian Prepare.
Fungsi-fungsi fitur tambahan:
·      Properties: untuk memeriksa dan menambahkan properti atau keterangan singkat mengenai dokumen aktif.
·      Inspect Document: untuk memeriksa bagian-bagian dokumen yang akan didistribusikan.
·      Encrypt Document: untuk menambah pengaman pada dokumen berupa pemberian password.
·      Restict Document: untuk mengatur hak pemakaian file dokumen yang aktif, agar dapat diberi pengamanan saat didistribusikan via internet.
·      Add a Digital Signature: untuk menambahkan tanda tangan digital pada dokumen aktif.
·      Mark as Final: untuk menandai bahwa dokumen telah selesai. Dokumen hanya dapat dibaca dan tidak dapat diedit lagi.
·      Run Compatibility Checker: untuk memeriksa kemungkinan dukungan MS Word versi lama, agar dokumen dapat dibuka melalui MS Word versi lama.

2.7 SEND (Mengirimkan Dokumen)

Untuk mengirim dokumen ke orang lain menggunakan media internet. Terdapat 2 fitur antara lain E-mail (via E-mail), dan Internet Fax (via Internet Fax).

2.8 PUBLISH (Mempublikasikan Dokumen)

Untuk mempublikasikan file atau materi dokumen ke lokasi lain. Terdapat 3 pilihan fitur antara lain Blog (memposting artikel baru pada web blog), Document Management Server (mempublikasikan dokumen ke alamat server pengelola dokumen di dalam jaringan computer), dan Create Document Workspace (memuat dokumen baru yang hanya dapat diakses oleh beberapa user sekaligus).

2.9 CLOSE (Menutup Dokumen)

Untuk menutup dokumen aktif tanpa keluar dari aplikasi Microsoft Word.


2.10 WORD OPTIONS

Untuk mengatur ulang kinerja Microsoft Word. Secara default, pengaturan awal sudah cukup memadai.

2.11 EXIT WORD

Untuk menutup dokumen aktif, sekaligus menutup jendela aplikasi Microsoft Word. Tindakan Exit biasanya dilakukan dengan menekan tombol Close (X) pada sudut kanan atas jendela Microsoft Word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar